Copyright © Days Journal
Design by Dzignine
Sabtu, 13 Maret 2010

Keramat, memang benar-benar keramat..!

Mendengar kata keramat apa yang anda pikirkan? Apakah Film horror Indonesia berjudul sama yang menceritakan tetang kejadian nyata di balik Gempa Jogja? (yang sempat booming di kelas, padahal ceritanya gj..). Atau pikiran anda lebih menjurus ke keris, jenglot, dan pengasihan (?)yang semacamnya?

Bukan teman, bukan, keramat yang aku maksudkan disini adalah nama suatu program radio yang disiarkan oleh Andalus FM, salah satu radio di kota Malang, jawa Timur, Indonesia. Sesuai namanya, garis besar acara radio ini lebih ke arah klenik, dimana pendengar bisa menelepon ke Andalus untuk menceritakan pengalaman misterinya. Keramat disiarkan setiap hari Kamis (malam Jumat) dan dimulai dari jam 10 sampai 11 malam.

Mungkin beberapa orang yang belum pernah mendengar acara Keramat akan menyepelekannya, termasuk saya. Jujur, film horror Indonesia tidak membuatku ketakutan (hidung memanjang..). Masih bagus film horror Jepang (the ring, ju-On, one missed call) dan Thailand yang lebih berhasil membuatku merinding. Karena film bisa kita lihat secara visual, kadang kita bisa menebak darimana si hantu muncul berdasarkan arah pengambilan gambar dan sound-nya. Jadi saat si hantu benar-benar muncul, kita sudah menyiapkan hati dan tak terlalu kaget. Film horror Indonesia termasuk yang paling ‘gampang’.


Tapi kawan, keramat bukanlah film, tak ada visual, yang ada hanya audio. Dengan kata lain, kita ga bisa menebak kemungkinan jalan cerita sehingga otak otomatis akan menggambarkan visualisasi dari audio yang terdengar. Sifatnya yang audio ini sukses membuat beberapa orang teman pingsan dengan mulut berbusa begitu mendengarnya. Kenapa? Karena mereka salah minum air sabun? Bukan, tapi karena kaget dan ketakutan setengah mati.

Di awal acara biasanya kita akan disuguhi suara-suara dari dunia lain, semacam suara kunti, bayi, angin berhembus, petir, suara ngesot-ngesot, sampai nyanyian yang terkesan mistis. Cukup lama suara-suara itu diperdengarkan sampai akhirnya pak penyiar masuk. Yang ini lebih memperparah keadaan otak yang sudah bervisualisasi aneh-aneh.=.=, apalagi suaranya berat dan sedikit misterius, Kira-kira begini ucapannya di awal acara (dengan bahasa sedikit dihaluskan):

Ass. Wr.Wb…..(jeda, sambil diiringi background sound menakutkan). Selamat malam para pendengar setia Andalus, baik manusia maupun jin,setan, dan gendruwo, kita berjumpa lagi di acara Keramat. Bagi yang manusia, apakah anda…sudah menutup pintu kamar anda….?apakah anda… sudah melihat apa yang berada di bawah tempat tidur anda..?atau…bagi yang mendengar sendiri…apakah anda sudah memastikan bahwa anda benar-benar sendiri..?(hyu…hyu…*suara angin..).



Biasanya saat bagian itu aku matikan radionya, karena aku ucapannya menusukku yang mendengarkan sendirian=3= (lebih tepatnya mendengar sendiri sembari meringkuk di sebelah adikku yang sudah tidur=.=). Tentu saja tulisan di atas tidak akan membuat anda takut. Lebih lengkapnya silahkan mendengar sendiri. Setelah pembukaan acara akan dilanjutkan dengan cerita-cerita hantu dari pendengar. Sebenarnya cerita hantu yang diceritakan pendengar tidak terlalu menakutkan. Yang patut diacungi jempol adalah penyiar dan background soundnya yang ‘indah’ itu.

Kadang si penyiar tiba-tiba berhenti berbicara di tengah-tengah dan komat-kamit baca ayat kursi (sependengaranku), dan bahasa jawa yang tak kumengerti, tapi sepertinya ia menyuruh ‘sesuatu’ untuk tidak mengganggu, kemudian diakhiri dengan meludah(Gj skali..). Kurang diketahui apa yang terjadi di studio saat siaran, ato murni untuk menakut-nakuti kita*-*. Kira-kira begitu isi acara Keramat, karena bahasaku aneh, postingannya jadi ga jelas, maapkan saya.+_+

Bagi yang penasaran dengan Keramat, silahkan melihat mendengar sendiri di Radio Andalus FM di 91,1 FM. Sayangnya acara ini hanya bisa ditangkap di daerah Malang dan sekitarnya. Sedikit saran, sebaiknya jangan menggunakan headset saat mendengarkan acara ini.^^. Dan lebih menyenangkan kalau didengarkan rame-rame. Tapi jangan terlalu serius menanggapi Keramat karena dapat menimbulkan sifat paranoid dan mungkin bisa menimbulkan ‘sesuatu’ di rumah anda (beneran!aku kapok ndengar sendirian). Bagi yang punya cerita-cerita seram cerita juga disini ya..^^


_ajenk_

12 komentar:

  1. First comment,,,,

    oww, sek seneng ndenger keramat tah dik...

    nanti malah takut sendiri,, tapi berkat orang2 seperti andalah radio Andalus bisa dapat iklan pas acara Keramat,, ha3

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. ini bru tw kalo keramat masih disiarkn, jadi lgi semangat2nya..ohohoo..

    nostalgia jmn smp, buknnya sm ada jg mendengarny..

    ngomong2 karpet pumpny..?ho2

    BalasHapus
  4. nopenya mas anthon keramat berapa yaw/........

    BalasHapus
  5. aku suka banget dengerin keramat... biar sendiri... atau rame2 q tetep seneng ngrungokno keramat.......

    BalasHapus
  6. @gembel gila (?):
    iy tu, dri berthun2 lalu smpe skrang g berubh..mksi commentnya..^^

    BalasHapus
  7. backsoundnya keramat yang gothic itu judulnya apa yah ??

    BalasHapus
  8. i like this
    always streaming :)

    BalasHapus
  9. tahu gak kalimat pembuka yang pake bahasa jawa itu??
    aku pengen tahu...

    BalasHapus
  10. mas anton keramat seremnya pas di acara keramat doang, tapi kalau udah jadi mbah ndemin di RRI pro 4 jadi gokil

    BalasHapus
  11. keramat emang top Bgt :D dengerin mulai jaman SMP (tahun 98-99 an) sampe sekarang ... tetep ga brani dengerin sendiri... hahahaha.....

    btw mbah ndemin pro-4 iku mas anton tah... baru ngerti malahan...

    BalasHapus

Tinggalkan komentarmu ya..^_____^