Copyright © Days Journal
Design by Dzignine
Senin, 15 Maret 2010

PU, Perpustakaan Kota Malang, riwayatmu kini…

Warga Malang atau warga yang berdomisili di Malang, pasti sudah tidak asing dengan PU. PU atau Perpustakaan Umum kota Malang berada di Jalan Semeru Kota Malang. Dekat dengan Jalan Ijen dan Museum Brawijaya. Sebenarnya perpustakaan Kota ini sudah ada sejak dulu, tampilannya yang sekarang ini merupakan hasil dari perombakan gedung lama menjadi gedung yang lebih modern seperti sekarang.

Pada awal pembukaan PU, sekolah-sekolah di Kota Malang banyak yang mewajibkan para siswanya untuk memiliki kartu anggota. Termasuk SMPku, SMP 1 yang letaknya di belakang Perpus Umum Kota, tepatnya di jalan Lawu. Karena itu saat ini bila kita kesana pasti banyak siswa-siswa dari SD-SMA yang berjubel di PU. Gedung PU terlihat modern dari luar (kecuali warna catnya yang mencolok mata , jingga yang ceria =.=) dan lebih modern di dalam.

Di depan disediakan tempat untuk membca Koran hari ini. Kalau anda beruntung, anda dapat membaca Koran hari ini tanpa harus menunggu orang lain selesai membacanya (Koran Jawa Pos malah sering hilang =3=). Biasanya tempat ini juga dijadikan tempat untuk nonton film bersama, talkshow, bedah film dan buku. Dulu malah film 2012 pernah diputar disini di saat bioskop juga masih menayangkannya (rugi aku nonton di bioskop). Kadang di tempat ini juga ada bazaar buku atau pameran lukisan dan fotografi.


Di sebelah kanan pintu masuk terdapat receptionist yang berfungsi sebagai tempat pendaftaran, foto, dan perpanjangan kartu anggota. Lebih masuk ke dalam lagi adalah tempat bacaan anak-anak balita. Di sebelah kiri pintu masuk terdapat peminjaman loker. Tukarkan KTP/KTM/SIM anda maka anda akan mendapatkan kunci loker. Pastikan kunci yang anda terima tidak berada di tempat yang terlalu tinggi, atau anda harus naik2 tangga yang disediakan hanya untuk menjangkau lokernya. Lantai 1 bagian belakang terdapat musholla, kantin (baksonya mantab), dan 1 ruangan yang dapat disewa untuk mengadakan pameran.

Perpustakaan yang asli berada di lantai 2. Di depan pintu masuk terdapat loket pengembalian buku. Pastikan anda tidak telat mengembalikan buku, karena denda terlambat 500 rupiah/hari/buku. Di lantai 3 terdapat studio TV lokal, aku lupa apa nama TVnya. Sedangkan di sebelah kanan loket terdapat kamar mandi dan ruang baca referensi (yang sekarang forbidden, entah kenapa).

Bagi anda yang asli Malang, benar-benar rugi kalau tidak menggunakan fasilitas Perpus ini. Karena banyak kelebihan yang diberikan pada anda, khususnya anda yang ber-KTP Kota Malang. Dari segi pendaftaran, warga asli Kota Malang tidak dipungut biaya. Sedangkan warga Kabupaten Malang dibebani biaya 50 ribu dan warga Kota luar Malang 100 ribu. Sedikit mengesalkan bagi teman-teman yang notabene dari luar kota tentang aturan biaya tadi. Akhirnya mereka selalu nebeng kartuku untuk meminjam buku. Ho2

Tidak hanya buku yang tersedia di PU. Banyak fasilitas lain seperti internet (bagi member PU), fotokopi, dan kantin. Tapi tenang warga luar Kota Malang, PU juga menyediakan hotspot yang dapat diakses oleh semua pengunjung,baik member atau bukan, syaratnya hanya bawa Laptop sendiri. Bagi anda yang niat untuk berhotspot ria di PU mending berangkat agak pagi karena kadang terjadi persaingan untuk mendapatkan tempat duduk yang bercop-copan(?). Menurut pandanganku persaingan ini hanya terjadi di hari weekend saja.
PU juga nyaman dijadikan tempat untuk mengerjakan tugas, makalah, dan laporan. Karena kita juga bisa mencari referensi pada saat yang bersamaan. Bagi anda yang mahasiswa, buku-buku mata kuliah yang menjadi referensi Dosen biasanya ada di sini. Malah kadang malah terpikir kalau Perpustakaan Umum Kota Malang ini lebih lengkap daripada Perpustakaan Kampus. haha

Untuk mencari buku kita cukup menuliskan judul buku di computer yang telah tersedia, nanti akan keluar judul buku yang sekiranya anda cari, no rak, ketebalan buku, tinggi buku, dan ketersediaan buku. Bila buku yang anda cari sedang dipinjam, anda dapat mengetahui siapa yang meminjam buku (jangan diguna-guna ya) dan tanggal dikembalikannya buku. Jadi tidak perlu setiap hari datang ke PU untuk mencari buku yang dibidik. (pengalaman pribadi..wkwk).

poto PU yang lain dimasukkin kapan-kapan..^^


_ajenk_

4 komentar:

  1. walah dalah.....PU tu perpus umum ta..
    tak kirain apaan.
    oke2.sip2
    nice inpo.
    btw ayo dimasukin fotox!hehe
    coba windows live writer...dijamin maknyus,,,,,,wkwkwk

    BalasHapus
  2. Johan : katrok p.waw,moso tas ngerti PU kuwi perpustakaan umum...weleh2..

    Ajenk:setuju karo pendapatmu, PU emang lebih lengkap timbang perpus kota.. sayange d kotaku PU wes dieliminasi...

    BalasHapus
  3. @bang johan: y emg PU i2 istilh jaman sy msh smp...ha2, baru tau ad org yg tinggal di malang tpi ga tau PU. ho2

    @arsenewenggar: sepertinya ad salah kata--'PU emang lebih lengkap timbang perpus kota'...apakh yg salah?

    dlu pu malang jg hancur g karu2an, benr2 horor...

    BalasHapus
  4. haahahaha...maksudku perpus kampus..salah ketik

    BalasHapus

Tinggalkan komentarmu ya..^_____^