Copyright © Days Journal
Design by Dzignine
Jumat, 05 September 2014

Tips Menghadapi Tes CPNS

Assalamualaikum, lama tidak menyapa blog yang sekarang penuh dengan sarang laba-laba dan cicak di dinding. Sempat vakum karena berbagai kesibukan yang baru di kota yang baruu. Iya mulai Bulan Maret 2014 saya resmi menjadi CPNS di kota Probolinggo. Meninggalkan segala kenangan selama 22 tahun di kota Malang, kota kelahiran yang ademnya selalu membuat rindu.

Syukur tiada henti kepada Allah atas segala anugerah yang tiada henti pada saya dan keluarga. Salah satunya dapat diterima menjadi CPNS dalam sekali tes dengan cara yang semestinya dan jujur.  Banyak kawan, relasi, bahkan keluarga yang berestimasi saya membayar untuk bisa diterima menjadi CPNS tahun lalu.

Tidak teman, tidak… jujur saya katakan saya tidak membayar lebih dari 20 ribu rupiah dalam mengikuti tes CPNS tahun 2013 lalu. Diantaranya biaya membeli amplop, perangko, dan mengirimkan berkas pendaftaran CPNS ke Pemkot Probolinggo.

Jadi kawan, jangan pesimis terlebih dahulu dengan penyelenggaran tes CPNS di negara kita. CPNS tidak melulu seputar suap menyuap dan jaringan. Masih banyak instansi di Indonesia ini yang melakukan rekrutmen CPNS dengan cara-cara yang benar dan jujur.

Yang pasti dalam tes CPNS yang dibutuhkan adalah usaha dan doa. Banyak yang bertanya apa kiat-kiat saya dalam mengerjakan tes CPNS. Di postingan ini akan saya terangkan kiat-kiat yang saya lakukan dulu saat menghadapi tes CPNS.


  1. Seringlah update dan mencari informasi mengenai bukaan formasi CPNS yang memiliki formasi pendidikan anda.
  2. Pilih beberapa instansi dan konsultasikan dengan orang tua anda. Dari pengalaman saya, saya mengedepankan pendapat orang tua dalam memilih instansi  tujuan.
  3. Beli buku dan carilah sumber untuk belajar dan latihan mengerjakan soal-soal CPNS
  4. Dari 3 tes yang termasuk dalam TPA, Fokus dan pelajari materi-materi TWK (WAWASAN KEBANGSAAN –>UUD,Sejarah,Pancasila,dll). Mayoritas kegagalan dalam tes CPNS karena nilai TWK tidak mencapai pagu. Buat catatan dan rangkuman mengenai UUD, kalau bisa hapalkan semua pasal dan poin dalam UUD.
  5. Seringlah mengerjakan latihan soal materi tes intelegensi (sinonim,anonim, aritmatik). Latihan itu bisa membuat kamu terbiasa dan bisa menyingkat waktu dalam mengerjakan tes sesuangguhnya.
  6. Bila kamu tes di luar kota, cobalah untuk sampai di kota tsb sehari sebelum tes sehingga ada waktu untuk istirahat atau sekedar membaca-baca sebelum tes.
  7. Bagi Muslim, lakukan sholat tahajjud untuk yang terakhir kali sebelum tes.
  8. Usahakan sarapan pagi sebelum tes karena dalam mengerjakan soal butuh konsentrasi tinggi.
  9. Setelah sampai di lokasi tes, cari kelas anda. Segera duduk di tempat duduk yang sesuai dengan nomor tes anda walaupun tes belum dimulai. Kalau pengalaman saya dulu, saya sangat tegang. Dengan cara itu, saya bisa melepaskan ketegangan dan berusaha menyesuaikan diri dengan tempat yang akan saya tempati selama 2 jam ke depan dalam mengerjakan tes. Bagi yang muslim, bisa membaca doa dan sholawat untuk menenangkan diri.
  10. Saat tes berlangsung, kerjakan dari bagian yang menurut anda paling mudah diantara TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum) atau TKD (Tes Karakteristik Pribadi). Cara ini bisa meningkatkan kepercayaan diri kita dalam mengerjakan soal.
Pengalaman saya, saya membaca Sholawat Nabi dan dzikir (Subhanallah wa bihamdihi) di tiap soal yang saya kerjakan. Alhamdullilah dengan cara itu saya bisa lebih tenang dan fokus dalam mengerjakan.

Selain berdoa dan berusaha sendiri, jangan lupa untuk minta doa dari orang tua dan rajin sholat malam :)

Mungkin itu sedikit yang bisa saya bagi tentang kiat-kiat dalam mengikuti Tes CPNS. Semoga teman-teman dimudahkan dalam mengerjakan Tes tahun ini. Aamiin





.ajeng.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentarmu ya..^_____^